Artikel

Membaca dan menulis merupakan bekal berharga bagi kehidupan. Orang-orang yang berilmu dan senantiasa mengembangkan ilmunya akan mendapatkan arah kehidupan yang lebih baik. Arah itu ibarat peta, yang memberikan petunjuk tentang bagaimana seharusnya menjalani kehidupan. Kapasitas keilmuan seseorang ditentukan oleh banyak hal yang dibaca bahkan ditulisnya. Kegiatan membaca dan menulis tak akan pernah lepas dari kegiatan meningkatkan kapasitas keilmuan.

Kecakapan membaca dan menulis sebelum anak balita kita memasuki usia sekolah dasar itu penting. Dan yang lebih penting lagi adalah mereka memiliki motivasi belajar yang kuat lewat kegiatan membaca. Belajar menjadi hal yang menyenangkan dan menggugah. Sama menyenangkannya dengan kegiatan bermain game dan nonton televisi bagia anak-anak yang jarang bertemu buku di masa bayinya.

Namun demikian, pembelajaran membaca yang hendaknya dimulai semenjak anak berusia bayi bahkan sejak dalam kandungan itu bukan berarti melulu mengajari anak membaca secara formal, pengenalan huruf, suku kata, kata dan kalimat saja, melainkan lebih pada membentuk pola membaca anak, budaya membaca dan cinta membaca.

Sedini mungkin kita bisa mengenalkan anak pada media membaca yang utama yaitu buku. Buatlah bayi dan balita kita menikmati, menyukai dan bersemangat saat mendengar kata buku, membaca dan baca buku. Bacakan buku sesering sejak anak-anak masih berada dalam kandungan. Ini selain meningkatkan perkembangan otak juga menumbuhkan ikatan psikologis yang kuat antara bunda dan janin yang kelak hal ini akan mampu merangsang pertumbuhan bayi dan balita dari berbagai aspek kecerdasan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s